ANALISA KEKUATAN DAN KELEMAHAN SITUS E-COMMERCE AMAZON.COM

Analisis kekuatan dan kelemahan dari situs e-commerse Amazom.com

Amazon.com didirikan oleh Jeff Bezos di Setle, Washington, Jerman Serikat pada tahun 1994. Pada mulanya jeff Bezos menyewa sebuah garasi untuk perusahaan Amazon.com ini. Usaha ini pada awalnya hanya sebuah toko sederhana yang akhirnya menjadi sebuah usaha perdagangan virtual dari toko online yang terbesar di dunia. Amazon.com menyediakan barang dagangan yang lengkap, mulai dari buku,Dvd,Cd musik,permainan,peranti komputer,pakaian,perhiasan dan makanan.

Pada tahun 1995 Amazon.com membuka situs e-commerce yang mana menjual barang melalui internet. Pada awalnya Amazon.com hanya menjual buku-buka saja, tetapi dengan cepat meluaskan diverifikasinya ke produk-produk lain. Pada tahun2002 amazon.com pernah menjadi toko online terbaik versi majalah yahoo karena penjualannya lebih dari 56 juta item.

Amazon.com juga memanfaatkan teknologi internet untuk membangun customer database dan berkomunikasi dengan para pelanggannya. Dalam survei American Customer Satisfaction Index (ACSI),perusahaan ini selalu mendapatkan skor jauh di atas rata-rata perusahaan lainnya.Mereka dapat memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi kepada individu-individu dengan sangat efektif.

Situs e-commerce Amazon.com ini menjual berbagai produk antara lain: amazon booksurge, amazon EBS, amazon EC2, amazon elastis map redius,amazon fresh, amazon kindle,dan produk-produk lainnya.

Visi dan misi dari amazon.com adalah menjadi perusahaan yang berbasis pelanggan di muka bumi dimana pelanggan, dapat ,mencari dan menemukan segala keperluan kehidupan mereka dan dapat membelinya secara online serta pelanggan juga bisa mendapatkan produk yang murah.(to be the earth’s most custumers centric company where custumer can find and discover anything they might want to buy online, endeavours to over custumer the lowest possible price).

Strategi pemasaran dari Amazon.com
1. Strategi pemasaran amazon didesign untuk meningkatkan traffic kunjungan pelanggan ke website perusahaan untuk dapat mendongkrak repeat buying pelanggan dan membangun brand hawareness dari produk beserta jasa yang tersedia, serta dapat memperkuat nama amazon.com.
2. Adanya promosi special selama periode-periode yang tertentu, selama periode promosi tersebut perusahaan dapat menjual barang lebih murah dari harga normalnya.
3. Amazon.com juga dapat memasarkan produknya melalui program asosiasi dengan mengkontrak situs website dari perusahaan yang lain untuk menjadikan pengarahan kepada pelanggannya secara langsung ke website amazon.com.
4. Excellent custumer service yang merupakan strategi pemasaran essential. Artinya manajer perusahaan memliki fokus untuk inovasi berkelanjutan menyediakan kenyamanan bagi pelanggan. Secara khusus tim manajemen berusaha memastikan kecepatan dan pemenuhan janji bagi pelanggannya, custumer service yang effisien dan fungsionalitas yang mudah di pakai untuk digunakan serta, kondisi transaksi online yang dapat dipercaya.

Strategi e-commerce dari Amazon.com adalah fokus pada usaha-usaha pengembangan inovasi dengan menciptakan dan memantapkan kemampuan software yang dimiliki dengan cara membeli lisensi atau dengan cara memperoleh teknologi pengembangan aplikasi-aplikasi lain secara komersial jika dibutuhkan.

Identifikasi kekuatan dan kelemahan Amazon.com secara internal:
1. Bagian pemasaran
Kekuatannya:
 amazon.com sudah mempunyai merek yang terkenal dan tepercaya.
 Strategi pemasaran yang bagus
 Harga produk yang lebih murah dibandingkan pesaing yang lainnya

Kelemahannya :
Pada bagian pemasaran ini tidak terdapat kelemahan

2. Bagian operasional
Kekuatannya:
 Situs Website yang memiliki akses yang cepat, design yang menarik dan sangat mudah untuk dioperasikan.
 Amazon.com memiliki diversivikasi produk sehingga memberikan tambahan pelanggan.

Kelemahannya:
 Amazon.com ini tergantung pada penyampaian eksternal perusahaan untuk melaksanakan fungsi pengiriman.

3. Bagian Keuangan
Kekuatannya:
Semua pembayaran dilakukan secara transfer(kartu kredit), sehingga perusahaan amazon.com sendiri tidak perlu repot.

Kelemahannya :
Strategi free shipping khusus member akan memepengaruhi posisi keuangan di masa depan.

Analisis kekuatan dan kelemahan Amazon.com adalah:

Kekuatan
• Amazon.com merupakan perusahaan on-line pengecer produk media yang mendidik sekaligus menghibur.
• Fungsi seperti Pengguna Review yang dianggap sebagai atribut yang positif untuk berbagi informasi dan masukan yang dapat membantu mendorong penjualan.
• Amazon merupakan perusahaan online yang telah memiliki nama yang terkenal di seluruh dunia.
• Pada sepuluh tahun terakhir ini telah mengembangkan basis pelanggan sekitar 30 juta orang, dan sekarang amazon.com telah memiliki memiliki kategori produk yang mencakup elektronik, mainan dan permainan, dan masih banyak lagi.
• penggunaan pasar on-line menyediakan fasilitas bagi pelanggan untuk menjual barang-barang yang tidak diinginkan, sehingga menjadi point yang berbeda bagi amazon.com untuk bersaing dengan para pengecer lainnya.
• berhasil membangun ikatan yang kuat dengan pelanggan yang lebih muda sehingga memberikan kesetiaan kepada merek.

Kelemahan

• Amazon.com tergantung pada penyampaian eksternal perusahaan untuk melaksanakan fungsi pengiriman antarmuka dengan pelanggan yang tak terkendali dapat mengakibatkan tingkat layanan dan potensi masalah biaya meningkat seperti:transportasi,industry dan kenaikan bahan bakar kendaraan meningkat, serta tentang perpajakan.
• Amazon menambahkan kategori baru untuk bisnis, maka risikonya dapat merusak merek
• Supplier sedikit
• Resiko inventori-musiman
• Pelanggaran data rahasisa informasi pelanggan
• Amazon merupakan toko buku nomor satu. Toy-R merupakan pengecer nomor satu untuk produk mainan dan permainan. Bayangkan jika Toy-R mulai menjual buku. Hal ini akan merancukan dan membahayakan konsumennya dan juga mereknya. Dengan cara yang sama, banyak dari kategori baru, misalnya otomotif, dapat membuktikan terlalu membingungkan bagi pelanggan.

Referensi

1 .http://blog.ub.ac.id/satriautama/2010/03/19/tugas-e-commerce-2/
2.http://strategik.fe.uns.ac.id/wp-content/uploads/2009/06/amazoncom-analisis-kasus-kel-a.pdf
3.http://doktormarketing.com/wp-content/uploads/2010/06/SWOT-analysis-of-AMAZON-and-e-bay.pdf

Tentang nurul88fd

mahasiswi mm unsyiah
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s